Jumat, 29 Mei 2009

Contoh soal essay

Petunjuk Kerja:

  1. Jawablah secara jelas dan singkat
  2. Jawab diurai secara berurutan sesuai dengan nomor soal
  3. Jawaban harus bedasarkan kemampuan pribadi, bukan mencontek dari bahan ajar maupun teman anda. Apabila jawaban anda persis sama dengan teman anda, maka kedua pihak , baik pecontek maupun yang memberi contekan dianggap tidak mengikuti tes
  4. Selamat bekerja. Anda akan bangga dengan melakukan yang terbaik

· Tipe 1

Bersifat ingatan terpilih

1. Sebutkan dua kriteria menurut Mager yang dapat digunakan dalam memilih strategi pembelajaran!

2. Sebutkan tiga peran kepala sekolah dalam MBS!

3. Sebutkan tiga cara untuk mengembangkan kurikulum!

· Tipe 2

Bersifat ingatan evaluatif

  1. Sebutkan empat tentang kurang berjalannya delegasi dalam pelaksanaan pelimpahan atau pendelegasian!
  2. Sebutkan empat alasan mengapa allah S.W.T Esa!
  3. Sebutkan aspek-aspek perkembangan dalam psikologi pekembangan!

· Tipe 3

Membandingkan dua hal terbatas

1. Bandingkan prosedur evaluasi dengan menggunakan teknik PAN (Penilaian Acuan Normatif) dan teknik PAP (Penilaian Acuan Patokan)!

2. Bandingkanlah kelemahan evaluasi yang dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes!

3. Sebutkan perbedaan antara tes objektif dan tes essay!

· Tipe 4

Membandingkan dua hal secara umum

1. Bandingkanlah kurikulum 2004 atau KBK (kurikulum Berbasis Kompetensi) dengan KTSP (kurikululm Tingkat Satuan Pendidikan)!

2. Bandingkanlah penilaian formatif dengan penilaian sumatif pada penilaian guru di sekolah!

3. Bandingkanlah cara penggunaan portofolio dokumentasi dengan portofolio sumatif!

· Tipe 5

Mengambil keputusan, baik dalam arti mendukung atau menentang

1. Apakah sebaiknya Ujian Nasional ditiadakan dan digantikan dengan Ujian Akhir Sekolah?Jelaskan pendapat anda!

2. Apakah dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dibutuhkan alat peraga atau media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran? Jelaskan pendapat anda!

3. Apakah sikap guru yang otoriter dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat memotivasi peserta didik dalam belajar? Berikan alasan anda!

· Tipe 6

Menguraikan Sebab Akibat

1. Mengapa seorang guru harus memahami prinsip-prinsip evaluasi terlebih dahulu sebelum melakukan evaluasi?

2. Mengapa siswa-siswa yang bermasalah di sekolah harus mendapatkan bimbingan?

3. Berikan alasan mengapa pengawasan itu penting untuk dilakukan?

· Tipe 7

Menjelaskan penggunaan atau pengertian suatu frasa atau pertanyaan dalam suatu karangan

  1. Jelaskan kata “berhasil” dalam kalimat berikut ini :

“Evaluasi dapat menjadikan teknik belajar mengajar lebih berhasil”.!

  1. “Evaluasi merupakan komponen terakhir dalam system proses pembelajaran”. Jelaskan arti kata “terakhir” dalam kalimat tersebut!
  2. “Desain kurikulum berorientasi pada siswa”. Jelaskan makna kata “desain” pada kalimat tersebut!

· Tipe 8

Meringkas suatu narasi yang telah dibaca

1. Uraikan secara singkat desain kurikulum yang berorientasi pada masyarakat (maksimal 100 kata)!

2. Uraikan secara singkat latar belakang munculnya MBS di Indonesia (maksimal 150 kata)!

3. Uraikan secara singkat tahap-tahap dalam penyusunan anggaran (minimal 100 kata)!

· Tipe 9

Menganalisis

1. Dalam manajemen proyek terdapat 3 flage yaitu green flage, yellow flag, dan red flag. Jelaskan mengapa flag itu bisa terjadi?

2. Mengapa penilaian alternative diperlikan dalam menilai hasil belajar siswa?

3. Bagaimana guru mengetahui adanya masalah belajar pada siswa?

· Tipe 10

Menyatakan hubungan

1. Apa sebab perlu adanya campur tangan masyarakat dalam pelaksanaan MBS?

2. Apa sebabnya guru harus memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa di sekolah?

3. Apa sebabnya mahasiswa jurusan MP harus mengambil mata kuliah MKU?

· Tipe 11

Memberi ilustrasi atau contoh

1. Berilah contoh Penilaian Acuan Normatif (PAN)!

2. Berikan masing-masing 1 contoh, motivasi intrinsic dan motivasi intrinsic!

3. Berikan contoh penerapan active learning dalam pembelajaran!

· Tipe 12

Mengklasifikasikan

1. Termasuk kelompok apakah, perkiraan berikut ini: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, penilaian?

2. Termasuk kelompok apakah, perkiraan berikut ini: Daftar Isi dokumen, Isi dokumen, Bundel dokumen, Batasan dokumen, Catatan guru dan orang?

3. Termasuk kelompok apakah, perkiraan berikut ini: penilaian formatif, penilaian sumatif, penilaian penempatan dan penilaian diagnostik?

· Tipe 13

Menerapkan Prinsip atau Aturan dalam Situasi yang Baru

1. Susunlah beberapa butir soal objektif dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan serta prinsip-prinsip penyusunannya!

2. Susunlah sebuah desain kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), sesuai dengan Undang-undang No. 20 Tahun 2003!

3. Buatlah konsep pelaksanaan MBS di sekolah yang mengacu pada Undang-undang No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi daerah!

· Tipe 14

Membahas Sesuatu

1. Bagaimana hubungan antara komunikasi dengan efektivitas kinerja pegawai dalam proses pencapaian tujuan dalam suatu organisasi?

2. Bahaslah hubungan antara peran komunikasi dengan konflik yang terjadi dalam suatu organisasi? Bagaimana komunikasi tersebut dapat menetralisir atau menyebabkan konflik?

3. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa tipe-tipe pemimpin. Setiap tipe pemimpin memiliki kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaannya dan mempengaruhi kinerja bawahan. Jelaskan bagaimana hubungan tipe pemimpin yang otoriter dengan hasil kinerja bawahan!

· Tipe 15

Menyatakan Maksud dan Tujuan

1. Jelaskan pendapat anda mengenai kesenjangan yang terjadi dalam hasil pendidikan dengan tuntutan dari lingkungan luar (eksternal)!

2. Bagaimana pendapat anda mengenai Ujian Nasional (UN) jika ditinjau dari fungsi instruksional dari hasil belajar?

3. Menurut anda bagaimana efektivitas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) ditinjau dari prinsip pedagogis evaluasi hasil belajar?

· Tipe 16

Mengeritik secara tepat, terpecaya dan relevan

  1. Coba kritikan atau argumentasi kenapa indonesia perlu melakukan MBS?
  2. Coba kritikan atau argumentasi kenapa pendidikan khusus berbeda dengan sekolah luar biasa?
  3. Coba kritikan atau argumentasikan kenapa jurusan manajemen

pendidikan dapat mempelajari pendidikan anak usia dini?

· Tipe 17

Membuat garis besar

1. Tuliskan secara garis besar isi buku filsafat ilmu karangan The Liang Gie!

2. Simpulkan secara garis besar teori belajar bersifat deskriptif dan teori belajar bersifat presfektif!

3. Uraikan secara garis besar makna evaluasi bagi siswa!

· Tipe 18

Menyatakan metode atau prosedur baru

1. Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Jelaskan dan tuliskan metode apa saja yang di gunakan oleh guru!

2. Dalam pengelolaan nilai-nilai siswa dapat menggunakan acuan nilai atau patokan tertentu.

Tuliskan mentode apa saja seorang guru bisa menilai tugas para siswanya!

3. Evaluasi adalah Tindakan pengambilan keputusan yang dilakukan seseorang atau lembaga.

Dapatkah anda jelaskan tentang evaluasi pemebelajaran dan Tuliskan kriteria evaluasi pembelajaranyang harus di lakukan oleh guru!

· Tipe 19

Reorganisasi fakta

1. Telusuri kembali perkembangan pemilihan presiden tahun ini sehingga muncul konsep perilaku politik yang baik dalam organisasi!

2. Pahami kembali UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 mengenai KTSP sehingga banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk masing-masing aspek!

3. Pahami kembali tujuan pemerintah mencanangkan BHP sehingga muncul aksi protes dari mahasiswa untuk menolak keputusan tersebut !

· Tipe 20

Merumuskan permasalahan atau pertanyaan dari beberapa kenyataan atau asumsi yang ditegakkan lebih dahulu

1. Kenyataan menunjukkan bahwa orientasi pendidikan kita sebagian besar hanya berdasarkan pada teori saja sedangkan tuntutan lingkungna eksternal pendidikan lebih banyak berorientasi pada praktik. Berikanlah penjelasan mengapa terjadi “GAP” (perbedaan) seperti di atas serta jelaskan bagaiman seharusnya langkah pendidikan kita agar hasil pendidikan kita sama dengan tuntutan eksternal!

2. Kenyataan menunjukkan bahwa pengadaan UN (Ujian Nasional) mengundang pro dan kontra dari berbagai pihak. Meskipun demikian, pemerintah tetap melaksanakan ujian nasional justru dengan bobot standar ketuntasan minimal yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Ungkapkan mengapa pengadaan ujian nasional mengundang kontra diberbagai pihak serta bagaimana upaya satuan pendidikan dalam mengatasi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yang semakin meningkat agar peserta didik lulus 100%!

3. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan melimpahkan tanggung jawab penuh pada sekolah dalam pengambilan keputusan. Namun, kenyataannya di lapangan masih banyak sekolah-sekolah yang belum mampu menjalankan manajemen berbasis sekolah secara optimal karena setiap sistem pendidikan belum mengerti dengan baik konsep manajemen berbasis sekolah yang sebenarnya.

Rumuskan 3 konsep pokok dalam manajemen berbasis sekolah agar sekolah-sekolah dapat menjalankannya dengan optimal serta ungkapkan kendala-kendala yang di hadapinya di lapangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar