Rabu, 06 Mei 2009

Siswa ribut di kelas, kitalah penyebabnya

April 2, 2009

Kelas yang anda ajar adalah wilayah kekuasaan anda, Sebagai guru kita semestinya berhenti untuk mengatakan dan memilah-milah, kelas saya tahun ini baik-baik siswanya atau kelas saya tahun kemarin nakal-nakal. Jika satu kelas yang anda ajar itu baik semua, andalah penyebabnya. Sebaliknya jika kelas yang anda ajar semuanya nakal, anda juga yang menyebabkanya.

Saya sadar disetiap kelas pasti ada ‘pembuat onar’ dan si ‘pencari perhatian’, Jangan khawatir mereka jumlahnya tidak banyak dikelas sisanya adalah mereka yang siap belajar tetapi mudah dipengaruhi oleh ‘oknum’ siswa diatas.

Mari menerima tanggung jawab bahwa kita lah sebagai guru yang punya otoritas dan tanggung jawab untuk mengatur mereka dengan cara dan gaya kita. Tentunya selama masih dibatas menjaga perasaan anak secara emosional dan intelektual.

Saya percaya anda semua bisa, jadi mari ciptakan kelas yang ribut hanya pada saat mereka berdebat secara keilmuwan, berdiskusi dan bertukar pikiran. Katakan tidak pada kelas ribut yang penyebabnya adalah guru yang ‘menyerah’ pada kemauan siswa, guru yang selalu bilang ‘iya’ pada apa saja yang siswa mau lakukan. Siswa kita cuma anak-anak yang membutuhkan seorang dewasa yang konsisten untuk mengatur mereka saat berada di kelas, untuk menuntut ilmu demi masa depan mereka nanti.

gurukreatif.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar