Senin, 13 April 2009

Soal UN dalam Proses Cetak

Rabu, 4 April 2007

Semarang, Suara Merdeka CyberNews
. Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sudah sampai pada tahap penyerahan master. Master soal itu diserahkan pada percetakan yang menjadi pemenang lelang.

"Saat ini soal tersebut masih dalam proses penggandakan,'' kata anggota Tim Pemantau Independen (TPI) Mustadi Haryanto MPd, Rabu (4/4). Mustadi juga menerangkan pemantauan terhadap jalannya penggandaan soal itu terus dilakukan. Sejauh ini tidak ada masalah dengan proses tersebut.

"Menurut rencana, plotting soal untuk SMA dan SMK ke Dinas Pendidikan Kota akan dilakukan 11-13 April. Adapun pendistribusian ke sekolah, dilaksanakan 14-15 April,'' terangnya.

Sedangkan pencetakan soal UN bagi siswa SMP/MTs, paparnya, dilakukan pada 2-20 April, sedangkan plotting dilaksanakan 17-21 April. "Pendistribusian dilakukan pada 21-22 April,'' jelas Mustadi.

Seperti pernah diberitakan, UN untuk SMA/SMK/MA akan digelar pada 17-19 April. Adapun UN untuk jenjang SMP/MTs dilaksanakan pada 24-26 April. Untuk mengantisipasi kecurangan, soal dalam satu ruang ujian akan dibedakan, yakni paket A dan B.

Terkait honor bagi TPI, Mustadi mengakui untuk beberapa daerah masih ada ganjalan, contohnya di Karimunjawa. Saat ini, imbuh dia, honor mereka disamakan dengan daerah lain yakni Rp 250 ribu per orang, potong pajak. Padahal, ongkos menuju daerah itu saja diperkirakan menghabiskan biaya Rp 180 ribu. "Hingga saat ini belum diketahui bagaimana nasib mereka selanjutnya. Nanti akan dibicarakan lagi,'' tutur dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Sri Santoso mengatakan, pihaknya optimistis UN tahun ini akan berjalan lancar. ''Semua kepala sekolah dan guru sudah mengerahkan baik tenaga dan pikiran agar anak-anak didik mereka lulus.'' Adapun usaha-usaha yang telah dilakukan baik dari sekolah maupun dinas antara lain, imbuhnya, adalah dengan menggelar try out.

Agar diperoleh hasil yang optimal, Sri berpesan pada para orangtua agar meluangkan waktu untuk memberikan dorongan pada anak. ''Para orangtua harus memastikan bahwa anaknya dalam stamina yang prima saat mengerjakan UN.'' Adapun jajaran Dinas Pendidikan Kota sendiri, kata dia, sudah siap dalam pengorganisasian pelaksanaan UN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar